Amut's Blog

Blog about musics, books, movies or other things which Amut are interested

My Skincare Journey

Untitled

Perempuan mana, sih yang tidak ingin wajahnya bersih, cerah, mulus, dan putih (untuk yang satu ini relatif kayanya :D)? Ada yang bilang, walaupun kita ada kekurangan di wajah, tapi bisa ditutupi dengan make-up.  Is it true? Emang, sih, tapi ada yang lebih penting daripada menutupi kekurangan di wajah dengan make up, yaitu kulit wajah yang sehat. Kalau kulit wajah sehat, hasil make up pun terlihat lebih sempurna. Dan bagaimana mendapatkan kulit wajah yang sehat? Dengan cara dirawat atau istilah keren oleh para beauty vloggers and enthusiasts adalah skincare.

Skincare pada dasarnya adalah langkah-langkah untuk merawat wajah dari mulai membersihkan, memberinya nutrisi hingga melembabkan. Ada juga beberapa treatment di salon, seperti facial yang jujur hingga saat ini saya sendiri belum pernah hihi…

Jenis kulit saya normal cenderung kering dan alhamdulillah belum pernah pakai krim atau obat dari dokter karena memang kulit saya termasuk yang jarang rewel. Paling suka nongol jrewi satu atau dua dan dengan perawatan teratur, si jrewi cepat menghilang.

Sebagai perempuan, perjalanan skincare saya sudah dimulai sejak SD, di tahun 80an. Oh, wow…kok bisa? Ya, bisa, dong. Apalagi waktu itu brand-brand banyak bermunculan dan iklan di televisi sudah mulai marak. Produk yang sering saya beli semasa SD itu busa pembersih wajah, itupun sering ganti-ganti sesuai iklan di tivi haha…

Masuk SMP, kebiasaan skincare sempat dilupakan sampai akhirnya mama saya yang mulai mengajarkan perlunya dan bagaimana perawatan wajah yang konsisten. Mulailah saya beli cleanser  dan toner Viva, dan obat jerawat Sari Ayu karena udah mulai puber, jrewi mulai menampakkan dirinya. Perawatan seperti ini berlanjut hingga saya kuliah, apalagi kampus saya memang mengharuskan mahasiswinya untuk ber-make up (ini adalah tantangan saya yang lain dan kita bicarakan lain waktu saja ya hehe…), jadi menjaga kebersihan muka is a must. Di masa inilah saya kenal dengan yang namanya masker wajah gara-gara teman satu kos hehe… Masker yang saya pakai waktu itu adalah Masker Bengkuang Mustika Ratu. Perawatan ini juga berlanjut hingga saya bekerja.

Setelah saya menikah, jujur waktu saya tersita oleh dua anak yang jarak kelahirannya lumayan dekat. Saya sampai melupakan perawatan wajah ini. Keinginan untuk mulai lagi mempercantik diri muncul setelah mencoba BB cushion. Saya sadar harus mulai lagi perawatan wajah.

Karena usia yang sudah matang (weiitsss…), tentunya perawatan standar dengan cleanser, toner, dan masker tidak cukup untuk saya. Perlu adanya tambahan ‘nutrisi’ untuk wajah. Mulailah saya cari-cari info hingga kenal dengan yang namanya K-beauty atau Korean beauty.

K-beauty skincare langkah-langkahnya lumayan banyak, minimal 5 step di setiap perawatan wajah pagi dan malam hari. Saya sendiri tidak pernah sampai 10 step setiap perawatan rutin, itupun sudah cukup membuat wajah saya terlihat lebih sehat dan cerah.

5698690a59c4658759898b72_m

5698690b59c4658759898b77_m

Dan seperti para K-beauty lovers pada umumnya, saya pun perlu perjuangan untuk menemukan produk yang bisa jadi andalan saya. Beberapa produk tidak cocok dan satu produk membuat purging, tapi alhamdulillah ternyata hanya proses saja dan tidak membuat kulit wajah saya jadi berantakan.

Saat ini, produk yang saya gunakan untuk skincare adalah:

CLEANSERS:

  1. LANEIGE FOAM CLEANSER MOISTURE – EX

Foam pembersih ini dikhususkan untuk kulit kering seperti saya dan formulanya sangat lembut. Selalu saya pakai di pagi dan malam hari. Banyak review yang bilang pembersih ini tidak membersihkan tuntas karena setelah dibersihkan dengan cleanser atau toner, masih ada kotoran yang tersisa. Kalau menurut saya, pembersih ini memang untuk mengangkat kotoran untuk kemudian gampang dibersihkan di langkah skincare berikutnya. K-beauty sangat mengutamakan double cleansing untuk menjamin kebersihan wajah.

  1. VIVA MILK CLEANSER BENGKUANG

Ngebanting banget dari produk Korea langsung ke produk lokal hahaha….produk ini yang sudah saya pakai sejak SMP dan terbukti cocok. Don’t want to take any chances coba-coba pembersih lain yang belum tentu cocok di kulit.

TONER:

VIVA FACE TONIC BENGKUANG

Ini sudah pasti pasangannya Viva Milk Cleanser Bengkuang. Gak perlu dijelasin lagi ya ini untuk apa.

SERUM:

LANEIGE CLEAR C – PEELING SERUM

Serum yang mengandung AHA alami untuk mencerahkan wajah dan melepaskan sel-sel kulit mati. Produk ini yang sempat membuat saya purging berupa bumpy skins selama dua minggu, tapi selepas itu, wajah saya memang terlihat lebih cerah (bukan putih ya..), kenyal, dan lebih sehat. Serum ini rutin saya pakai di malam hari setelah toner.

CREAMS:

  1. VIVA QUEEN REVITALIZING EYE CREAM

Susah sekali mencari krim untuk mata karena sudah mencoba beberapa produk, tapi tidak ada yang cocok. Setelah menemukan krim mata Viva, sejauh ini cocok saja, mungkin karena Viva memang sudah cocok dengan kulit saya sejak masih remaja. Krim mata ini berfungsi untuk menyamarkan kantung mata, menyamarkan kerutan, melembabkan, dan memberi kesejukan di area mata. Oleskan krim ini di daerah sekitar mata setelah serum dan sebelum pemakaian krim pagi dan malam.

  1. POND’S AGE MIRACLE DAY AND NIGHT CREAM

Brand ini lebih terkenal dengan pembersihnya, tapi di kulit saya tidak ada yang cocok. BB cream nya pun biasa saja di kulit saya. Saya pilih krim dari Pond’s karena sesuai dengan yang saya butuhkan. Krim Pond’s tidak pernah membuat wajah saya breakout.

SUN CREAM:

LANEIGE WATERY SUN CREAM SPF 50++

Pemakaian sun cream sering disepelekan banyak orang padahal sebenarnya ini adalah langkah yang sangat penting, apalagi saya yang memakai serum AHA, harus memakai sun cream karena kulit jadi lebih sensitif dengan sinar matahari. Saya selalu pakai sun cream ini di langkah terakhir perawatan wajah di pagi hari.

TREATMENTS (PERAWATAN)

MASKS (MASKER):

  1. LANEIGE WATER SLEEPING MASK

Ini masker wajah favorit saya dan sudah termasuk holy grail alias wajib. Masker untuk memberikan kelembaban semalaman saat tidur dan ketika bangun besoknya, wajah jadi kelihatan lembab dan sehat. Masker ini saya pakai setelah serum 2 kali seminggu. Cara pakainya, cukup dioleskan ke wajah sebelum tidur dan dibiarkan semalaman. Bilas keesokan harinya setelah bangun tidur.

  1. LANEIGE MULTIBERRY YOGURT REPAIR MASK

Masker ini merupakan masker eksfoliasi ringan di wajah untuk melepaskan sel-sel kulit mati dan memberikan kekenyalan di kulit. Dipercaya juga untuk menyamarkan noda hitam. Untuk yang terakhir ini, saya belum lihat hasil yang signifikan setelah satu bulan lebih pemakaian. Saya memiliki beberapa dark spots hasil terkena cacar beberapa tahun lalu. Setelah jar nya habis dan belum ada hasil yang pasti, saya mau cari masker lain yang lebih efektif untuk dark spots. Untuk memberikan kekenyalan, memang lumayan hasilnya dan saya pakai masker ini 2 kali seminggu.

  1. LANEIGE MINI PORE WATER CLAY MASK

Sesuai dengan namanya, yup…ini adalah masker lumpurnya Laneige dan untuk membersihkan pori-pori, efektif juga untuk komedo. Masker jenis ini umumnya untuk kulit berminyak, tapi cocok juga untuk kulit saya yang kering. Setelah satu bulan pemakaian, memang terlihat hasilnya, tapi walaupun begitu, mau cari yang lebih affordable setelah jar nya habis. Saya pakai masker ini 2 kali seminggu. Perlu diperhatikan untuk mengoleskan toner setelah pemakaian masker ini untuk meringkas pori-pori dan untuk yang berkulit kering, sebaiknya pakai krim malam agar kulit tidak kerasa kering besok paginya.

  1. LANEIGE LIP SLEEPING MASK

Ini juga salah satu masker yang wajib untuk saya. Masker untuk bibir ini adalah perawatan bibir agar selalu lembab dan tidak pecah-pecah. Saya selalu pakai setiap malam sebelum tidur dan setelah dua bulan pemakaian memang terlihat hasilnya dan isinya juga masih banyak haha..

SPOT TREATMENTS:

  1. COSRX CENTELLA BLEMISH CREAM

Produk ini merupakan krim untuk menghilangkan bekas jerawat atau noda-noda hitam di wajah dan memang efektif. Saya pernah mengalami jerawat yang lumayan bandel, setelah hampir sembuh, bekasnya agak hitam di wajah. Saya tempel spot nya dengan krim ini setiap malam bila tidak memakai Water Sleeping Mask dan kelihatan bekasnya agak memudar setelah seminggu pemakaian. Untuk noda hitam, belum terlalu terlihat hasilnya.

  1. COSRX ACNE PIMPLE MASTER PATCH

Kalau yang ini hampir sama dengan obat jerawat, hanya saja bentuknya seperti plester yang ditempelkan ke jerawat. Cocok untuk yang mengalami jerawat dan harus menghadiri acara penting esok hari, tempel aja di jrewi malam sebelum tidur setelah wajah dibersihkan, besoknya langsung sembuh. Beneran!

  1. SARI AYU INTENSIVE ACNE CARE

Ini nama kerennya dari Mukjizat Tolak Jerawat hehe…ramuan ini juga ampuh banget untuk jerawat dan sudah saya pakai sejak jaman SMP.

Perlu diperhatikan untuk skincare itu cocok-cocokan. Semua produk yang saya sebutkan di atas bisa jadi cocok juga di kalian atau malah sebaliknya. Menemukan skincare yang pas memang butuh waktu dan perjuangan (been there done that), tapi setelah ketemu, kalian bisa menikmati hasilnya.

Merawat wajah sebaiknya memang dilakukan sedini mungkin. Intinya adalah rajin dan telaten. Untuk yang masih remaja, mungkin tidak harus berderet prosesnya seperti saya, tapi minimal untuk membersihkan dan melembabkan. Seiring bertambahnya umur, bisa ditambah dengan produk lain yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Jangan lupa juga pola hidup sehat dan hindari stress.

Skincare journey is a fun journey.

Love yourself first before you love others.

Cheers 🙂

 

Untitled1

Healthy skin is your choice 🙂

 

 Pics source: wishtrend and personal collections

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on November 19, 2017 by in Beauty, Chit Chat, Review and tagged , , , , , , .

Navigation

<script type="text/javascript">
var uid = '67830';
var wid = '125069';
</script>
<script type="text/javascript" src="http://cdn.popcash.net/pop.js"></script>
%d bloggers like this: