Amut's Blog

Blog about music, books, movies or other things which Amut is interested

Naruto, perjalanan panjang sang ninja muda dari Konoha

Jepang memang sudah punya kesan tersendiri buat saya sejak masih SD. Pertama kali kenal anime dan manga, sampai kemudian tokusatsunya. Generasi tahun 80an siapa yang tidak kenal Ksatria Baja Hitam, yang sampai sekarang pun banyak serial lanjutannya. Belum lagi doramanya yang sempat hits sebelum kalah sama mbak-mbak dan mas-mas dari Korea dan sekarang dengan para tuan dan nona Indiahe.

Saya lupa kapan pertama kali jatuh cintrong dengan manga. Sudah banyak judul yang saya baca, termasuk serial cantik yang cuma satu cerita satu buku. Di akhir tahun 90an beberapa judul sempat menarik perhatian, termasuk Samurai X dan Flash of Wind, tapi kemudian tidak pernah lagi, apalagi sekarang harga komik yang sudah melejit.

Saya tahu Naruto justru karena sering nonton tivi sore hari dimana acara sudah mulai tidak jelas. Naruto jadi acara hiburan buat saya yang sudah berumur ini.

indexNaruto adalah serial anime Jepang yang lumayan panjang waktu siarnya. Jangankan anime, manganya saja butuh waktu hampir 15 tahun sampai akhirnya mencapai epilog. Anime yang tayang di tivi pun sempat diulang-ulang beberapa kali hingga akhirnya sekarang berlanjut reguler.

Naruto mengisahkan perjalanan seorang anak laki-laki bernama Uzumaki Naruto dari desa ninja Konoha. Sejak kecil Naruto dikucilkan dan penduduk desa selalu memandang sinis terhadapnya, menyebutnya sebagai ‘monster’.

images

Baby Naruto

Naruto yang tidak mengerti apa-apa bersumpah akan menjadi ninja yang hebat dan menjadi Hokage (pimpinan ninja Konoha) untuk membuktikan pada semuanya bahwa ia mampu. Serial Naruto yang pertama mengisahkan bagaimana perjuangan dirinya untuk diakui dan akhirnya mempelajari jurus baru. Disini juga dia menyadari bahwa ternyata tubuhnya merupakan tempat Kyuubi (rubah berekor sembilan) disegel.

10-year-old Naruto in Naruto 1

10-year-old Naruto in Naruto 1

Serial berikutnya, yaitu Naruto Shippuden, mengisahkan Naruto yang mulai beranjak dewasa akhirnya sedikit demi sedikit mulai menyingkap tabir masa lalunya, termasuk siapa orang tuanya dan ayahnya yang ternyata adalah Hokage keempat. Banyak juga background stories di Shippuden, mayoritas bikin nyesss juga. Kita akan tahu banyak tentang karakter-karakter senior yang ada di serial ini.

16-year-old Naruto in Naruto Shippuden

16-year-old Naruto in Naruto Shippuden

Shippuden ditutup oleh film The Last dimana Naruto yang sudah berumur 19 tahun akhirnya memilih pelabuhan cintanya (aisshh…).

19-year-old Naruto in Naruto The Movie: The Last

19-year-old Naruto in Naruto The Movie: The Last

Faktor ini juga yang menjadi misteri sepanjang serial ini terbit. Naruto dikisahkan naksir Sakura, tetapi seiring berjalannya waktu sang ninja muda menyadari ia menyukai Sakura bukan dalam hal sebagai kekasih, tetapi lebih kepada saudara. Ditambah ia juga merasa egonya sebagai laki-laki untuk diakui oleh lawan jenisnya. Adalah Hyuga Hinata, gadis ninja dari klan Hyuga, dengan ciri khas mata Byakugannya yang akhirnya menjadi pilihan Naruto.

Naruto and Hinata in Naruto 1

Naruto and Hinata in Naruto 1

Naruto pertama kali bertemu Hinata sewaktu mereka masih berumur 6 tahun. Naruto menyelamatkan Hinata dari para anak-anak yang mengganggunya. Peristiwa itu sangat membekas di ingatan Hinata. Naruto juga yang memberinya semangat untuk tidak menyerah dikala semua orang di klannya juga memandang rendah dirinya. Rasa kagum inilah yang akhirnya berbuah cinta. Sebaliknya, Hinata juga yang menyelamatkan Naruto sewaktu melawan Pein dan yang memberi Naruto semangat ketika salah satu kawan mereka, Neji, gugur di medan pertempuran.

Hinata in Naruto Shippuden

Hinata in Naruto Shippuden

Di Shippuden, Naruto dan Hinata sudah mulai dekat, tapi belum berubah menjadi pasangan. Naruto yang clueless akhirnya mengerti perasaan Hinata di film The Last. Hinata menerima dirinya apa adanya, bukan karena Naruto sebagai pahlawan atau sudah menjadi ninja yang hebat. Gadis yang sudah menunggu dirinya sejak masih berumur 6 tahun disaat semua orang mengucilkannya karena Kyuubi yang tersegel di dalam dirinya. Dan sang ninja pun akhirnya menyadari perasaannya setiap bersama Hinata sangat berbeda dengan yang ia rasakan saat bersama Sakura. Kisah pun ditutup dengan Naruto yang berbahagia dengan keluarga kecilnya.

Hal ini juga yang sempat banyak fans pasangan Naruto-Sakura atau NaruSaku yang kecewa berat kenapa Naruto dipasangkan dengan Hinata. Well, sama kasusnya dengan Harry Potter. Saya sempat menduga Harry bakalan jadi dengan Hermione karena mereka sangat dekat, tapi ternyata perasaan mereka hanya sebatas platonic. Ini juga sepertinya yang terjadi dengan Naruto dan Sakura, dan sepertinya memang sudah ada di pikiran mangakanya juga.

Naruto and Hinata in The Last

Naruto and Hinata in The Last

Naruto and Hinata's wedding as seen in The Last's credit title

Naruto and Hinata’s wedding as seen in The Last’s credit title

Yang saya suka dari serial anime ini adalah pesan moral tentang persahabatan, tekad, dan juga cinta. Kita tidak boleh menyerah dengan keadaan dan terus berusaha, seperti Naruto yang akhirnya menggapai cita-citanya sebagai Hokage ketujuh dan menemukan cinta sejatinya.

Serialnya walaupun sudah berakhir, kini dilanjutkan oleh generasi berikutnya a.k.a oleh anak-anaknya. Naruto Gaiden, walaupun judulnya Naruto, tapi lebih fokus pada Boruto (Bolt dalam terjemahan Inggris), putra pertama Naruto. Apakah Boruto juga akan mengalami kisah yang sama dengan sang ayah? Read the manga to find out.

Naruto and his children, Boruto (Bolt) and Himawari

Naruto and his children, Boruto (Bolt) and Himawari

Pics source: Google

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 7, 2015 by in Book, Chit Chat, Rambling and tagged , , , .
<script type="text/javascript">
var uid = '67830';
var wid = '125069';
</script>
<script type="text/javascript" src="http://cdn.popcash.net/pop.js"></script>
%d bloggers like this: