Amut's Blog

Blog about music, books, movies or other things which Amut is interested

Rurouni Kenshin Shin Kyoto Hen, Kyoto Arc in new style

“How can I forget the one I care the most make me happy?” Misao Makimachi to Kenshin Himura

Baru tahu soal OVA ini dari salah satu fans Ruroken. I’m such a bad fan hiks…

MV5BMTc1NjEzMDcyOV5BMl5BanBnXkFtZTcwOTI1ODU1OQ@@._V1_SY317_CR5,0,214,317_AL_OVA ini diberi judul Shin Kyoto Hen atau kalau diterjemahkan ke bahasa Inggris menjadi New Kyoto Arc. Sesuai judulnya, OVA ini merupakan spinoff dari bagian Kyoto Arc di manga dan juga anime, dimana Kenshin menghadapi Makoto Shisio. OVA ini dibagi menjadi dua bagian dan rilis tahun 2011 dan 2012. Sepertinya keluarnya OVA ini untuk merayakan live action movie nya Rurouni Kenshin dan juga seperti penebusan dosa studionya setelah OVA Reflection (Tsuikohen) yang dikecam banyak fans, dan bahkan mangakanya sendiri. New Kyoto Arc mengambil sudut pandang Misao Makimachi, ninja wanita Oniwabanshuu yang rambutnya dikepang panjang itu ^_^

Karena dibagi menjadi dua bagian, jadi review nya juga dibagi menjadi dua.

New Kyoto Arc Part I: Cage of Flames

Adegan dibuka dengan Okina, kakek Misao, yang mengisyaratkan akan adanya pertempuran melawan Shisio. Dengan pengalamannya sebagai shinobi atau ninja (di serial Naruto mereka juga menyebut dirinya shinobi), Okina bisa mengetahui keberadaan Misao yang sedang bersembunyi di dekat dirinya. Misao memohon agar Okina memberitahu dirinya tentang seseorang yang telah ditemui Aoshi Shinomori, okashira (translation: leader) dari Oniwabanshuu. Di bagian ini sepertinya minimal mesti baca manganya atau sudah pernah liat animenya supaya tidak bingung. Misao akhirnya bisa bertemu dengan sang Himura Battousai atau Kenshin.

Misao meets kenshin

Misao meets kenshin

Sementara itu, Kaoru dan Yahiko secara tidak sengaja bertemu dengan Hiko, sensei nya Kenshin. Beberapa adegan penting seperti pertemuan Kenshin dengan Shisio, patahnya pedang Kenshin dan pertarungan Kenshin dengan Seta dan juga Chou ada juga di bagian pertama ini, termasuk Saito dan juga Sanosuke. Dan ada bagian antara Shisio dan Yumi yang rada ehm…juga. Hampir aja lupa kalau OVA Kenshin emang lebih berani daripada versi animenya haha…sebaiknya dampingi yang masih di bawah umur kalau mau nonton OVA ini.

Bagian yang paling saya suka adalah ketika Kenshin bertemu lagi dengan Kaoru. Terlihat lebih real dan kelihatan mereka sudah punya ikatan batin walaupun masih malu-malu. Bener-bener mau ngapus dosa nih studionya karena bikin mereka berdua miserable di Tsuikohen hehe…

Kaoru meets again with Kenshin

Kaoru meets again with Kenshin

New Kyoto Arc Part II: Song of Light

Di bagian kedua ini sebagian besar hampir sama dengan manga dan animenya, hanya saja beberapa adegannya banyak yang gory dan (again) anak-anak di bawah umur sebaiknya tidak nonton kalau tidak didampingi orang dewasa. Pertempuran Kenshin dengan Shisio, The Black Ship, Misao cs bersama Kaoru dan Yahiko melawan anak buah Shisio kelihatan lebih masuk akal.

7170Wa9vT7L._SL1500_Ending nya juga cukup cute; memperlihatkan Kenshin yang cepat dekat dengan anak-anak, tanda he could be a great dad *glance at Kenji*

Seperti OVA-OVA yang sebelumnya, gambar di OVA ini juga terkesan lebih human. I really like it. Kalo soal plot memang tidak banyak berubah, hanya mengambil sudut pandang penceritaan saja yang beda. Ketika teman saya ada yang bilang film Rurouni Kenshin yang kedua dan ketiga mengambil dari OVA ini, sepertinya ada benarnya. Beberapa soundtrack dari animenya juga ada disini dengan sedikit recycle, tapi tetap memberikan kesan nostalgia di saat animenya sangat populer di sekitar awal tahun 2000an. Not really bad, but not so great either. Setidaknya bisa mengobati kekecewaan setelah OVA Tsuikohen. Walaupun yang saya tonton didubbing  Inggris, tapi para dubber nya pinter-pinter semua. Gak ilang feel dari versi aslinya. Dengan durasi sekitar 46 menit setiap bagian, satu pengemasan yang bagus untuk satu bagian penting dari cerita krusial Rurouni Kenshin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on February 11, 2015 by in Movie, Review and tagged , , , .
<script type="text/javascript">
var uid = '67830';
var wid = '125069';
</script>
<script type="text/javascript" src="http://cdn.popcash.net/pop.js"></script>
%d bloggers like this: