Amut's Blog

Blog about musics, books, movies or other things which Amut are interested

Cari tambahan pundi-pundi lewat Online Job

VDR0312_10152013112332_Online-Job-SearchBanyak yang bertanya pada saya tentang online jobs dan saya selalu bingung bagaimana untuk menjawabnya. Jadi, saya coba jelaskan melalui postingan ini.

Online job pada dasarnya adalah bekerja secara online atau melalui internet. Hasil yang diperoleh memang tidak terlalu besar alias receh, tapi kalau dikumpulkan setiap hari bisa lumayan. Hanya perlu online sekitar 2 jam/hari, lebih lama lebih baik, kita bisa dapat penghasilan tambahan. Beberapa website yang menyediakan pekerjaan online dan yang terpercaya yang saya ikuti (atau pernah saya ikuti) adalah:

Microworkers

Para online jobbers pasti tahu web ini. Microworkers menyediakan beberapa pekerjaan ringan sampai yang rada-rada rumit di webnya. Tarifnya mulai dari yang paling kecil $0,04 sampai yang paling tinggi $5 di satu pekerjaan. Makin mahal tarifnya, tentu saja makin rumit pekerjaannya. Pembayarannya bisa melalui Paypal atau Moneybookers. Untuk yang pertama kali menarik dana dari Microworkers, ada tahapannya. Pertama, kita akan diminta untuk memberikan alamat rumah dan mereka akan memberikan kode verifikasi langsung ke rumah kita. Kedua, begitu kode sampai, bisa langsung dimasukkan ke webnya dan dana bisa ditarik. Tenang saja, hal ini hanya berlaku untuk satu kali. Untuk berikutnya, kita bisa langsung menarik dana dari Microworkers bila sudah mencapai minimum $9. Ada baiknya menarik dana disaat weekend karena mereka memberikan pembayaran disaat itu.

PTC

PTC atau Pay To Click ini adalah cari recehan dengan cara meng-klik iklan yang disediakan di web. Banyak sekali web PTC bertebaran, ada baiknya cek dulu supaya jangan terjebak scam alias ditipu. Hasilnya jauh lebih kecil, jika ingin agak besar harus punya affiliasi alias membangun network macam MLM gitu.

Fiverr, Fourer

Web yang ini khusus buat kita untuk jual skill yang kita punya. Misalnya jago bikin video, atau bisa desain cover buku…lumayan buat nambah-nambah uang jajan. Di Fiverr, tarif paling basic kita jual skill itu $5 sedangkan di Fourer sebesar $4, sebelum dipotong biaya admin. Gak banyak kok. Dan tarif bisa ditambah jika kita memberikan jasa yang lebih di jualan kita. Banyak juga orang Indonesia yang jual skill disini.

Odesk, Elance

Nah, yang ini rada-rada berat nih karena levelnya sudah semi-profesional. Disini ditawarkan berbagai pekerjaan oleh para buyer dan kita bisa pilih sesuai kemampuan kita, tapi harus bersaing dengan para freelancer yang lain. Tarifnya jelas lebih besar. Bisa sampai $20 untuk tarif paling rendah. Pembayaran lewat Paypal pastinya.

Dari keempat jenis kerja online ini, yang masih saya ikuti cuma Microworkers dan Fiverr. Kedua jenis job ini yang paling cocok dengan waktu yang saya punya sekarang. Limited, but need to do something useful. Kunci dari kerja online adalah jangan langsung berkhayal bisa cepat kaya. Yang bisa seperti itu, butuh waktu bertahun-tahun. Saya saja aktif di kerja online baru mau jalan 5 tahun, masih jauh dari para senior yang lain. Kelihatannya kecil, tapi kalau sehari minimal bisa kumpul $1 saja, hitung deh sebulan. Dan sekarang dollar pun sudah di kisaran Rp 12.000,00. Not bad, huh? Dan pastinya bahasa Inggris jadi alat komunikasi utama.

Jadi, selain bisa pake internet buat main-main, bisa juga cari duit, kan?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Information

This entry was posted on January 29, 2015 by in Chit Chat, Job online and tagged , .
<script type="text/javascript">
var uid = '67830';
var wid = '125069';
</script>
<script type="text/javascript" src="http://cdn.popcash.net/pop.js"></script>
%d bloggers like this: