Amut's Blog

Blog about musics, books, movies or other things which Amut are interested

Kenshin, Tomoe, dan Kaoru: kisah cinta sang hitokiri

Sejak film live action nya nongol, seketika juga fandom Rurouni Kenshin bangun dari mati suri. Sejak terakhir keluarnya OVA Seisouhen (Eng. Translation: Reflection) sekitar tahun 2002 yang banyak dikecam fans, para fans Kenshin sepertinya menghilang entah kemana. Dan 10 tahun kemudian, ketika film pertamanya muncul tahun 2012, para fans pun bangkit kembali.

It’s really nice actually mengingat pada saat manga dan animenya berjaya, internet masih belum begitu dikenal disini. Dan sekarang disaat jaman serba internet, senangnya bisa kumpul dengan sesama fans. Dan tentu saja bagi para fans, selain kisah heroik sang ahli pedang berambut merah ini, kisah cintanya juga yang menjadi perhatian.

Sejak jaman franchise Twilight, dikenal adanya team anu dan itu. Yang berlanjut juga kepada Hunger Games, bahkan franchise Thor. Di Rurouni Kenshin dikenal dengan Team Tomoe dan Team Kaoru. Quite interesting karena biasanya kelompok team ini lebih mengacu kepada karakter laki-laki, tapi di cerita Kenshin karena tokoh utamanya adalah laki-laki, jadilah kelompok team nya perempuan.

-X-rurouni-kenshin-25047717-500-350

Kiri: Kenshin dan Tomoe, Kanan: Kenshin dan Kaoru

Team Tomoe pastinya kelompok fans yang lebih menyukai Tomoe Yukishiro (later Tomoe Himura), istri pertama Kenshin, menjadi pasangan Kenshin, sedangkan sebaliknya bagi Team Kaoru. Tomoe adalah wanita pertama yang menjadi love interest Kenshin di saat dirinya masih menjadi seorang hitokiri. Yang bikin nyess adalah niat utama Tomoe untuk membalas dendam pada Kenshin karena sang ahli pedang membunuh tunangannya. Adegan ini juga terdapat di dua OVA Kenshin dan juga di filmnya, walaupun di film hanya diperlihatkan secara sekilas.

Tomoe di film Rurouni Kenshin (2012)

Tomoe di film Rurouni Kenshin (2012)

Saat inilah kita bisa liat bagaimana Kenshin mendapat luka pertamanya. Pernikahan mereka pun sebenarnya hanya pura-pura untuk menutupi jejak Kenshin. Pada saat Ishin Shishi digempur, Kenshin bersama Tomoe diungsikan ke Otsu, ke rumah sederhana di atas bukit. Disinilah mereka mulai dekat dan Kenshin masih belum mengetahui niat awal Tomoe. Disaat benih-benih cinta mulai timbul diantara keduanya (haiyaaaa bahasanya), seorang penghianat dari Ishin Shishi sendiri yang akhirnya membuka tabir Tomoe ini. Tomoe menghalangi sebilah belati yang akan menusuk Kenshin dengan menjadikan dirinya sendiri sebagai tameng. Pedang Kenshin akhirnya menebas tubuh Tomoe dan pada saat sekarat itulah, sang gadis memberi luka menyilang di atas luka yang sudah ada. Kenshin menyelesaikan tugasnya sebagai hitokiri dengan memakai selendang yang selalu dipakai Tomoe. Saat perang berakhir, Kenshin meletakkan selendang Tomoe di atas makam sang gadis sebelum mulai mengembara.

Sepuluh tahun kemudian, Kenshin berjumpa dengan Kaoru Kamiya, gadis pemilik dojo yang nama dojonya dicemarkan oleh seseorang yang mengaku sebagai hitokiri battousai. Dari sinilah kisah persahabatan antar Kenshin dan Kaoru dimulai yang akhirnya juga berbuah cinta.

Tomoe memang berbeda 180 derajat dari Kaoru. She is really a lady, sedangkan Kaoru cenderung lebih tomboy and a bad cook karena ditinggalkan ibunya sejak usianya masih sangat muda. Persamaannya hanya usia mereka yang hampir sama, Tomoe pada saat itu 18 tahun sedangkan Kaoru 17 tahun. Kenshin pada saat bersama Tomoe masih berumur 15 tahun dan saat bertemu Kaoru usianya sudah hampir 30 tahun (antara 28 dan 29 tahun). Banyak fans yang lebih menyukai Tomoe, tapi lebih banyak yang menyukai Kaoru.

As for me, I’m Team Kaoru all the way. Bukan berarti juga gak suka Tomoe sih…well, Tomoe yang membawa sisi manusia dari diri Kenshin, tapi Kaoru lah yang membuat Kenshin merasa dia bisa diterima walaupun dengan masa lalunya yang sangat kelam. Ditambah lagi Kaoru gives her heart totally for the redhead swordsman with no reservations sedangkan Tomoe awalnya diwarnai dengan sedikit betrayal. Hal inilah yang menjadi nilai sangat plus. Kenshin baru menyadari betapa Kaoru sangat penting bagi dirinya pada saat dia mengira Kaoru sudah tiada. Saya juga suka Kenshin yang bisa dengan bijak menyortir cinta yang dia punya. Dia memilih untuk hidup di masa kini dan untuk masa depannya yang secara tidak langsung artinya dia memilih Kaoru daripada Tomoe. Bagian di saat Kenshin berdoa di depan makam Tomoe untuk mengucapkan selamat tinggal sudah menjadi jawaban final siapa sebenarnya gadis yang benar-benar penting di hati Kenshin. Well, kita tau kan istilah ít’s not meant to be. At least Nobuhiro-sensei said so.

Dan juga kalaupun Kenshin dan Tomoe tetap bersama hingga akhir perang, mereka tidak akan benar-benar bahagia karena Kenshin pasti merasa bersalah kepada Tomoe karena telah merebut kebahagiaannya. Even if there’s love, it’s not a true love. But, a love builds by deceive and guilt. Not really a happy lifetime if you want to spend your life with someone, just saying.

kprotectsk

Kenshin dan Kaoru, Nobuhiro-sensei art work

Soal team siapa dan siapa, itu hak masing-masing. Mau ngarang fanfiction Kenshin happy ending sama Tomoe juga monggo…but, still the original nya kita taulah siapa pendamping Kenshin ya…punya anak laki-laki unyu pula ^_^

Entah apakah akan ada film lanjutan setelah trilogi yang sudah ada karena bagian Jinchuu Arc hanya ada di manga dan sedikit dimunculkan di OVA Seisouhen. Mungkin karena ceritanya yang sangat dark, sehingga agak sulit diadaptasi di film. Tapi, sebagai fans Kenshin, sangat mengharapkan bagian Jinchuu bisa difilmkan. Saat-saat paling dark, tapi juga sangat menyentuh.

Advertisements

51 comments on “Kenshin, Tomoe, dan Kaoru: kisah cinta sang hitokiri

  1. lvlypearl001_
    January 3, 2016

    Kalau pas kaoru tiada eps brp ya?

    • tri4mut
      January 3, 2016

      Di anime Jinchuu Arc tidak dibuat. Jinchuu Arc atau ketika Kaoru tiada (walaupun akhirnya Kaoru masih hidup), hanya ada di versi manganya. Di versi film nya pun hanya sampai Kyoto Arc.

  2. Titin Hinata
    January 10, 2016

    Hallo..salam kenal,aku adalah salah satu fans berat Rurouken dan tentu saja team Kaoru.Kaoru itu cewek kuat yg setia banget mendampingi Kenshin,bahkan sampai ahir hayatnya.aku berharap banget. Keishi otomo (sutradar) berkenan bikin Rurouken ke4 khusus menceritakan kehidupan Kenshin yg menikah lalu punya anak (Kenji).

    • tri4mut
      May 27, 2016

      Salam kenal juga…maaf lama banget balesnya.

      Tomoe dan Kaoru dua-duanya penting bagi Kenshin dan sama-sama punya tempat istimewa di hati Kenshin. Tapi, tetap saja di manganya pun Watsuki-sensei menekankan kalau Kaoru memang lebih berarti bagi Kenshin. Terlihat dari dialog antara Megumi dan Kaoru sebelum sang dokter wanita kembali ke kota kelahirannya yang menyebutkan Kenshin memilih Kaoru, bukan Tomoe.

      Kisah Kenshin di OVA Seisouhen banyak dikecam fans, bahkan mangakanya sekalipun. Kalau dibuat happy ending pun pastinya Kaoru memang setia pada Kenshin hingga akhir hayat. Kalau soal Kenji, tidak jelas bagaimana akhirnya. Banyak fanfic yang menceritakan soal Kenji yang menurut saya sesuai dengan yang diharapkan oleh Watsuki-sesnei.

  3. KureNo11
    June 28, 2016

    I am happy to have found you, dear fellow Rurouken’s fans 🙂
    Setuju banget kalau Jinchuu arc difilmkan. Tapi harus siap2 dg plenty of emotions yg kemungkinan akan hadir, secara bagian ini menurut saya adl bagian yg menyayat hati dan menguras emosi.
    Well, I am in Team Kaoru anyway. Karena sejak awal saya merasa ada yg salah dg Tomoe, krn dia menyimpan dendam pd Kenshin. If Kaoru were Tomoe, she wouldnt have any thought of getting revenge. Kadang saya merasa knapa dia harus terjun di tengah pertarungan Kenshin, dan membuat Kenshin membawa rasa bersalah yg amat dalam seumur hidup nya. But then it would only makes Kaoru looks stronger than anyone else, bcoz she could help Kenshin healing his wounded heart and accept him completely.
    Barangkali yg membuat Tomoe disukai adl karena dia a true lady, sosok perempuan idaman yg sempurna. Pembawaannya yg tenang dan misterius membuatnya banyak disukai penggemar anime (sbg contoh, karakter cool and beautiful macam Aoshi, Sesshoumaru, Kikyo, etc pasti nya banyak disukai).
    I totally agree with you, Kaoru adl wanita paling tepat utk Kenshin. Dia menyediakan purpose bagi Kenshin utk melanjutkan hidup dan memperjuangkan idealisme nya. Love Watsuki for making their journey a happy ending 🙂
    And I believe that Seisouhen doesnt exist *lol

    • tri4mut
      June 28, 2016

      Hello there, fellow Ruroken fans 🙂
      Ah, senangnya ada yang Team Kaoru juga. Dari awal cerita manga juga udah keliatan kalau Kenshin bakal sama Kaoru. Watsuki-sensei nambahin cerita Tomoe untuk menjelaskan luka silang di pipi Kenshin. Rada uni juga disini karena pada awalnya sang mangaka hanya menambahkan luka itu biar Kenshin keliatan agak macho, tapi di tengah-tengah proses pembuatan manga, kepikiran lagi untuk membuat background story untuk lukanya. Watsuki-sensei berpendapat untuk seorang hitokiri seperti Kenshin pasti ada sebab kenapa akhirnya dia memilih untuk bertobat. Jadilah Tomoe nongol. Padahal mestinya gak harus soal wanita juga ya. Bisa juga kan sahabat atau teman seperjuangan macam karakter-karakter di Naruto yang gak mesti karena wanita akhirnya memilih untuk bertobat.
      Anyway, mungkin karena bagian menguras emosi ini yang akhirnya Jinchuu Arc hanya ada sebatas manga. Di versi film, walaupun gak sampe Jinchuu, tapi lumayanlah udah dikasih liat Kenshin yang depresi sesaat sewaktu menyangka Kaoru gak selamat setelah dilempar ke laut (Takeru-kun is so great!!!). Tapi, tetep ya ngarep ada Jinchuu nongol hahaha….
      Oh yes, Seisouhen buat saya itu tabu banget dan tidak layak ada.

  4. Igneel
    June 30, 2016

    bagian kenshin berdoa di makam tomoe eps brp ya ?

    • tri4mut
      June 30, 2016

      Gak baca manganya ya? Itu bagian akhir dari Jinchu Arc di manga, tidak ada di animenya.

    • KureNo11
      July 1, 2016

      pasca Kyoto saga sblm Kenshingumi kembali ke Tokyo, Kenshin juga mengunjungi makam Tomoe (mgkn episode 60an ke atas). Meski tdk dijelaskan secara eksplisit itu makam siapa karena karakter Tomoe tdk diperkenalkan di anime. Saat itu hujan turun kemudian Hiko datang utk menyapa dan memayungi Kenshin. Hiko kurang lebih bilang seperti ini: setelah sepuluh tahun, akhirnya kau memutuskan untuk mengunjungi makam ‘nya?

      • tri4mut
        July 1, 2016

        Yes, tapi karena gak dijelasin itulah buat saya jadi kaya adegan tambahan. Waktu nonton anime juga akhirnya menebak-nebak itu makam siapa. Kenshin gak punya memori indah di Kyoto, yang udah baca manganya pasti ingetnya Tomoe.

  5. KureNo11
    June 30, 2016

    Iyes, Satoh is great! Sampai merasa Satoh adl Kenshin dan Kenshin adl Satoh 😀
    Setuju dg pendapatmu. Bisa saja Kenshin tetap memilih bersumpah utk tdk lagi mengambil myawa orang lain, karena sifat dasar Kenshin yg sebenarnya tidak menyukai apa yg dia lakukan (membunuh), tanpa dilatarbelakangi rasa bersalahnya pd Tomoe.
    Agak kecewa juga anime series nya tdk memberikan porsi yg adil utk Kaoru, krn Kaoru digambarkan sbg violent tomboy yg hampir tdk punya segi positif, dan ketertarikannya pd Kenshin sering dijadikan lelucon (episode 66 is terrible). Bahkan tdk ada klimaks ttg kisah perjalanan hidup Kenshin.

    • tri4mut
      June 30, 2016

      Betul…dan karena kebanyakan hanya tahu animenya dan tidak baca manganya, sedikit yang suka Kaoru, ditambah ada Tomoe yang berbeda sekali sifatnya, tambah aja deh. Memang sebaiknya baca manganya untuk lebih tahu soal Kaoru. Versi film menurut saya lumayan oke. Kaoru lebih dewasa dan hampir mendekati versi manga.
      Kalau soal klimaks, ada hidden episode yang hanya ada versi VCDnya (dulu belum ada DVD ehee…). Ceritanya Kenshin yang mengajak Kaoru ke Kyoto, kemungkinan ke makam Tomoe dan ciri khas Kenshin menyatakan dia siap untuk memulai hidup baru dengan Kaoru. Kayanya ada deh di youtube 🙂

      • KureNo11
        July 1, 2016

        Iya yg RK the lost episode (ep 95).
        Bagi saya itu kurang ‘greget’ 😀
        Mungkin karena ada bagian yg hilang yg menggambarkan Kenshin smakin ‘attach’ dg Kaoru.
        Ada bbrapa bagian yg menunjukkan perasaan Kenshin ke Kaoru sih di Kyoto saga, tapi episode2 selanjutnya menurut saya malah mementahkan kedekatan mereka.
        Kalau di manga, stlh Kyoto kan lanjut Jinchuu. disitu berasa bgt perubahan yg tjd di antara mereka, bahwa Kenshin dan Kaoru mmg saling membutuhkan. Dan seneng bgt semua adegan ‘touching’ selalu diinisiasi oleh Kenshin *smirk (He’s not clueless, btw)

  6. tri4mut
    July 1, 2016

    Memang di anime berasa kurang greget,ditambah banyak filler episode yang kadang gak masuk akal atau karakter yang gak ada di manganya (inget Shura, si wanita perompak yang naksir Kenshin?). Oh yes, di manga saya suka Kenshin yang ambil sikap duluan. Sayangnya, setelah itu Enishi nongol.
    Of course, he is not clueless hehe…He’s a man after all, and he knows after Kyoto, Kaoru will be by his side no matter what. Anyway, saya sempat nulis beberapa fic Kenshin di ffnet. Bisa dicari pen name nya “amoet” (promosi :D).

    • KureNo11
      July 3, 2016

      Iyes, I know it’s you, amoet 😀
      Saya nge-fan sama fic2 kmu ttg Kenshin, Kaoru, dan Kenji (two thumbs up fo ‘Where She Belongs’, ‘Come Clean’ and ‘Who is She’)
      Hopes you write more of them 🙂 Cant get enough of them 😀

      • tri4mut
        July 4, 2016

        Aisshh…jadi malu haha…thank you 🙂
        Hopefully, I can write another Kenji story or the one shot soon…my RL is really tight right now. Thanks, btw, for reading them 🙂

  7. Noorvera
    January 11, 2017

    Yeaaaay !!! I’m on Kaoru’s team !!!
    Baru beres-beres komik, baca ulang RK dan baper lagi. Nyari di internet dan nemu ini bahasan.
    Aku setuju juga Kenshin lebih suka sama Kaoru, maksudnya rasa sayangnya lebih besar ke Kaoru dibanding Tomoe kalau di manganya tapi di animenya setelah aku nonton ulang ada 1 episode kenshin lagi mancing di sungai,ketemu bapak-bapak gitu terus cerita tentang legenda kunang-kunang. Terus bilang intinya sekali seumur hidup laki-laki pasti ketemu 1 perempuan yang engga akan bisa dia lupain. Terus kenshin bawa bunga gitu tapi engga dia kasih ke Kaoru. Terus ke siapa ??

    • tri4mut
      January 11, 2017

      Haloo…terima kasih udah baca blogku ya…udah gak pernah update lagi karena udah pindah ke blogspot, but still…thank you 🙂
      Di anime itu memang banyak filler episode, Tomoe juga gak diceritain, cuma diliatin sekilas di opening scene dan juga sewaktu Kenshin mengunjungi makamnya. Kalau soal yang kunang-kunang itu, Kenshin tetap bawa bunganya pulang dan seingatku sih melihat Kaoru dengan tatapan yang gimana gitu hehe…asumsiku sih bunga itu dibawa pulang Kenshin karena memang Kaoru yang penting buat dia.
      Kenshin emang karakter yang unik, dia gak pernah bilang sayang atau cinta dengan ucapan ‘I love you’, tapi lebih kepada perlakuan yang nyata. Aku sih percaya Kaoru emang segalanya buat Kenshin karena si pengisi suara Kenshin sendiri, Suzukaze Mayo, pernah bilang Kenshin sangat mencintai Kaoru, lebih dari hidupnya sendiri dan lebih dari Kaoru mengira seberapa besar cinta Kenshin untuk dia. Daleemmm….

  8. theofirman
    March 29, 2017

    haloo… saya sojiro seta’s team…

    xixixixiixii

    • tri4mut
      March 29, 2017

      Haloooo….semua team welcome kok…asal sopan dan gak bashing 🙂
      Terima kasih sudah baca blog saya ^_^

  9. ridwan permana
    June 2, 2017

    wahhh akhirnya ada blog indo yg bahas ini ya,sama saya juga fans berat si himura kensin. setuju sik emng yg jadi pendamping kensin itu kaoru, tapi saya bukan team kaoru. menurutku kisah paling baper di seluruh cerita ya saat tomoe dan kensin itu.dimana pertama kali anime yg buat gw cry, anjhirr banget. dan saya setuju seisohen itu bener2 serasa bukan nonoton rurouni kensin . itu ancur banget. kalo live action menurutku not bad lah di bandingin anime2 lain yg d angkat ke live action.
    kira2 ada gak ya petisi para fans buat ngelucurin rurouni kensin remake yg seisohen gt, jadi di perbaiki gitu jalan ceritamya

    • tri4mut
      June 2, 2017

      Tomoe dan Kaoru dua-duanya penting dalam hidup Kenshin. Kalo soal team siapa itu hak masing-masing 🙂 Kayanya udah terlanjur basah ya Seisouhen itu mau dibenerin juga para fans udah punya live action nya hahaha…tapi, pengarangnya sendiri emang gak setuju sih sama Seisouhen, jadi anggap aja gak pernah ada hehe…
      Terima kasih ya sudah baca blog ku 🙂

  10. ainovo
    June 19, 2017

    Kok baca-baca diatas malah jadi ngarep ada Spin-off untuk versi tomoe di Live Actionnya. Sayang banget tomoe cuma sekilas nongol di LA, cuma jadi cameo doank. Padahal bisa dikembangkan lagi dari sudut pandang tomoe, bolehlah diangkat dari OVA Rurouni Kenshin: Meiji Kenkaku Romantan – Tsuioku-hen, dengan adanya improviasasi ga harus sama percis, yang penting suasana dark dan bapernya nampol. siap-siap tissue deh nonton bioskop kalau beneran ada diangkat ke layar lebar.. ngarep.

    • tri4mut
      June 20, 2017

      Sebenarnya Tsuioku-hen ada di Jinchuu Arc. Gak tau juga kenapa anime dan live action dua-duanya stop di Kyoto Arc.
      Gak ada tanda-tanda juga bakal ada film Kenshin lagi, Takeru Sato sendiri sudah sibuk dengan proyek film lain yang juga dari manga.

  11. Dv
    July 24, 2017

    Serius sy blm pernah nonton anime ini. Sy selalu takut klo mau nonton anime krna takut ga bisa move on. Tp dari tulisan di atas kyanya animenya seru. Kisah romancenya hampir mirip kya anime inuyasha ya.

    • tri4mut
      July 24, 2017

      Seru, kok 🙂
      Saya juga suka Inuyasha dan susah juga membandingkan dua anime ini karena sama-sama bagus. Bedanya mungkin karena mangakanya Rurouni Kenshin laki-laki dan kategori manganya ‘shonen’, jadi ceritanya emang ‘laki’ banget. Untuk kisah cinta sebenarnya lebih rumit Inuyasha karena si Inuyasha yang sering galau menentukan pilihan, berbeda dengan Kenshin. Kesamaannya, dua-duanya happy ending, kok 🙂
      Coba aja tonton…keren, lho. Jangan lupa juga tonton live action movie nya 🙂
      Terima kasih ya udah baca blog saya ^_^

  12. Meyscka
    December 6, 2017

    Nah gara2 versi VOA tim tomoe jadi mengartikan kalo penderitaan kenshin gara2 rasa cinta yg trllu besar ke tomoe,,kalo menurut aq,,saat kenshin jatuh cinta ke tomoe umurnya baru 18th alias abegeh jadi cintanya ga sebesar cinta dia ke kaoru (usianya udah 28th/dewasa) jadi cintanya sungguh”,perasaan brsalah dia ke tomoe ya krn udh bunuh tunangannya tomoe yg mmbuat tomoe mnderita.versi live action malah memperlihatkan kalo kenshin sangat mncintai kaoru.berharap banget ntar ada film ke 4 nya,,pengen liat kenshin n kaoru “kiss” :p jngn tegang mulu :D..

    • tri4mut
      December 6, 2017

      Yup…menurutku juga karena rasa bersalah dan pasti ada sakit hati juga karena ada unsur ‘betrayal’.
      Bentuk rasa cinta macam-macam, sih, dan menurutku Kenshin juga cinta sama Tomoe walaupun bukan seperti cinta kepada Kaoru. Iya, versi live action memang fokus di Kenshin dan Kaoru.
      Soal film keempat, belum ada tanda-tandanya sampai sekarang. Sepertinya Jinchuu Arc hanya sebatas manga (atau OVA Seisouhen yang dianggap tidak ada itu).

  13. Meyscka
    December 7, 2017

    Mudah”an aja ada 🙂 c sateru ganteng jg di film ini.scene farewell live actionnya ko c kaoru ga nangis kaya di anime ya??jadi ga trlalu menyayat hati,pengen liat versi anime 1-95 tapi di yutub ga da,dulu nnton d sctv pas msh SMP (17th lalu). eh 6hari lalu liat di GTv jm 11.30 tapi cuma nongol sekali pas aq tungguin lagi ampe skrg mlh ga da ganti kartun lain #sebel.aku ga bisa move on ma couple kenshin-kaoru 😦

    • tri4mut
      December 11, 2017

      Yes, Takeru really nails his performance. Sampai-sampai Watsuki-sensei bilang dia seperti liat Kenshin di dunia nyata 🙂 Ya itu dia, versi film memang lebih dewasa. Jadi, Kaoru gak perlu mengeluarkan banyak air mata dan gak jadi damsel in distress tau-tau nyusul Kenshin ke Kyoto.
      Di gtv diputer ulang, tapi kayanya masih ada deh. Beberapa hari ini malah liat tiap hari karena pas jam lunch jadi bisa nonton 😀

  14. Meyscka
    December 7, 2017

    Eh ko jadi sateru??#takeru hehe :p

  15. luviant
    December 18, 2017

    menurut ane cerita di manga jauuhh lebih bagus dari pada versi OVA yg ga jelas dan film layar lebarnya yg ceritanya ga sama dengan manga ya semoga ada film kelanjutan film layar lebar yg ke 4 dan menceritakan jinchu arc dan semoga ga melenceng jauh dari manga

    • tri4mut
      January 13, 2018

      OVA itu sebenarnya menjelaskan saja bagian dari suatu cerita yang ada di manga, jadi sebenarnya masih nyambung, cuma Tsuikohen yang saya gak suka banget. Animatornya gagal fokus kayanya 😀
      Film layar lebar menurut saya yang pertama bagus karena masih ‘nempel’ unsur manganya, yang kedua dan ketiga udah berdiri sendiri walaupun masih mencoba setia dengan manganya. Overall, saya suka versi live actionnya karena bisa liat Kenshin selain di anime dan OVA 🙂
      Harapan semua fans supaya JInchuu ARc bisa difilmkan, tapi belum ada tanda-tandanya sampai sekarang mau dilanjutkan.

  16. Rina
    January 13, 2018

    Kakaak.
    ALHAMDULILLAH.. Nemu Kakak..
    Diantara ulasan yg lain,, Ulasan Kakak yg paling jelas dan runut.
    Aku penggemar Rurouni Kenshin dr tahun 2000an, wkt SD Kelas 5.. Dr jaman ditayangkan SCTV dan Animax tiap hari jam 15,, Kemudian diganti tiap Ahad, dan jadi tiap hari lg.. Wkt jaman itu internet blm seperti skarang, Kak.. Aksesnya cuma dr TV dan Komik..
    Setelah lulus dan kuliah,, Ni anime jd agak terlupakan, meskipun tnpa aku sadari, ternyata beberapa aspek kehidupan ku, msh sangat terwarnai oleh Kenshin Himura.
    Nah,, Skarang jd freak lg, Kak.. Krn berhasil download Anime nya 95 episodes.
    Dan pd akhirnya, aku punya beberapa pertanyaan..
    Berkenankah Kakak menjawabnya?
    Hehehe..

    • tri4mut
      January 13, 2018

      Alhamduliilah kalau suka dengan tulisanku ya. Gak nyangka masih ada yang baca dan meninggalkan jejak. Arigatou 🙂
      Wah, pas animenya tayang masih SD ya, saya malah udah kuliah hehe…wow…udah DL 95 eps? Saya DL drama Korea 40 eps aja seringnya menguji kesabaran wkwk…
      Boleh….mau tanya apa? Mudah-mdahan saya bisa jawab.

      • Rina
        January 29, 2018

        Kakaaaaakkk.. Heheeee.. Baru sempat reply..
        Jadi gini.. Dulu khan wajtu jaman ku, yg suka komik sangat terbatas, jadi aku gak ngerti, mau berbagi dgn komunitas yg bagaimana..
        Nah,, Aku mau tanya tentang manga, OVA, Anime, dan Live Action.. Apa bedanya?! Lantas,, Yg asli dari Watsuki Sensei yg mana?! Karena aku paling suk cerita Ori dr Writer,, Meskipun cerita yg lain lebih seru.. Tp “soul” nya tetap oke dr yg asli..
        Itu dulu, Kak..
        Jazakillah Khoir, Kakaaaaakkkk…

        Btw,, Aku sampe ikutan latihan aikido, gara2 flashback ma si “rambut merah”, lhoo..
        Wkwkwkwkwkwk..

  17. Bambang Tri Waskito
    January 22, 2018

    Weh, baru ini nemu blog indo yang bahas Rurouni Kenshin. Memang bener2 mantep untuk RK ini, sayangnya saya sendiri belum baca manganya, jadi ya masih ada rasa gimana gitu hhhh. BTW untuk Seisou-hen saya cukup suka, walaupun ya itu tadi, (isunya) bener-bener keluar dari pakemnya tapi ya lumayanlah buat ngehabisin tisu hehehehe. Di bagian Jinchuu Arc itu apa bener ada di Seisou-hen? Masih agak bingung hehehe… Makasih

    • tri4mut
      January 26, 2018

      Halo…
      Iya, ada tapi dibikin kacau banget sama studionya. Salah satunya adegan Kenshin bertarung dengan Enishi di pantai di versi manga semuanya ada (sampai-sampai Aoshi dan Misao pun ikut nonton), tapi di Seisouhen cuma ada Kaoru. Yang saya gak suka adalah Kenshin kesannya masih inget terus sama Tomoe padahal di manga udah move on. Kacau deh pokoknya.
      Makasih ya udah komen di blog ku 🙂

    • Rina
      January 29, 2018

      Komiknya dah lama gak beredar, ya, Kak?!
      Sejak tamat sekitar 14 tahun yg lalu,, Aku gak pernah nemu lagi volume2 yg sebelumya di toko buku..
      Sempat sedih banget..

      • tri4mut
        February 1, 2018

        Iya ya…beruntung sekarang sudah ada internet jadi bisa kumpul-kumpul sesama fans Kenshin. Ok deh coba jawab pertanyaanmu ya…
        Manga = cerita bentuk komik
        OVA = Original Video Animation, biasanya dibuat oleh pihak studio dengan ijin mangaka
        Anime = animasi berdasarkan komik, bisa ditambahkan cerita filler yang tidak ada di cerita komiknya
        Live Action = film berdasarkan cerita manga dengan karakter sungguhan

        Kalau tanya cerita asli dari Watsuki-sensei sudah pasti manga ya 🙂 Karena sangat jelas semuanya.
        Kalau soal komik, setelah ada internet bisa baca online 😀

        Semoga jawabannya membantu dan semoga rajin latihan aikido nya. Ganbatte ^_^

      • Rina
        February 2, 2018

        Hmm,, I see.. Paham..
        Bagaimana dengan karakternya, Kak?! Maksudku gambarnya.. Kok aku melihat ada sedikit perbedaan antara manga, anime, dan OVA.. Tapi yg paling mirip sih yg versi manga dan anime nya.. Yg OVA agak gimana gitu..
        Oiya, Kak.. Lantas bagaimana dengan ceritanya?! Kenapa ada perbedaan antara anime dan manga?! Untuk yg OVA, sepertinya khusus membahas masa lalu dan masa depan Kenshin, ya, Kak?! Apakah masa depan Kenshin yg ada di OVa adalah apa yg Watsuki Sensei pikirkan?! Dengan alur cerita yg tragis..
        Oiya, Kak,, Adakah fanbase resmi penggemar Rurouken?!

        Segitu dulu, ya, Kak..
        Hehe..
        Jazakillah khoir..

  18. tri4mut
    February 2, 2018

    @Rina Manga dan anime memang tidak banyak bedanya, kalau OVA studionya lain makanya agak beda. Mungkin maksudnya supaya Kenshin agak terlihat manusiawi. Wajar ada perbedaan antara cerita manga dan anime, Anime kan ada slot nya dan lebih ke entertainment makanya suka ada episode2 tambahan. Dua cucu Dokter Genzai hanya ada di anime sedangkan di manga tidak ada 🙂
    Kalau OVA, setahu saya sih Watsuki-sensei sendiri gak setuju dengan Seisouhen dan mungkin karena itu juga akhirnya dibikin dua OVA New Shin Kyoto Hen, jadi kaya penebusan dosa studionya. Kalo fanbase kurang tahu ya hehe…internet berjaya disaat pamor Kenshin mulai redup. Paling baca fanficnya di FFnet, saya juga ada beberapa cerita tentang Kenji di website itu in English 🙂

    • Rina
      February 7, 2018

      Hmm.. OKe.. Oke..
      Aku dah Download OVA nya, Kak.. Tp belum ditonton.. Kayakya yg pertama, yg ada 4 episodes..
      Nah,, Yg New Shin Kyoto Hen tuh tentang apa, Kak?!
      Oiya,, Kakak dapat info2 valid tentang Rurouken, seperti Live Action, OVA, dll tuh dari mana?! Karena aku ga slalu search tentang Rurouken,, Hanya sesekali.. Tapi klo ada Fanbase atau Official nya khan lebih enak klo ada info2 nya..
      Oiya, Kak.. Di Anime, makam yg dikunjungi Kenshin tuh makam Tomoe kah?!
      Dan di manga,, Tempat Enishi baca Buku Harian Tomoe dan ketemu Bapak Pengemis tuh di mana, ya?! Dan siapa Pengemis itu?!

      Maaf, ya, Kak,, Klo aku banyak tanya.. Aku bener2 seneng,, Ketemu fans Rurouken yg mau aku repotin dgn pertanyaan ku..
      Hehehehe..

      Jazakillah khoir, Kak..

      • tri4mut
        February 14, 2018

        Haloo…maaf baru sempet bales komennya…
        Shin Kyoto Hen tentang Kyoto Arc, tapi dibuat lebih baru…ratingnya PG13 😀
        Dulu sih masih dari majalah anime (yang sekarang udah gak terbit lagi). Sekarang seringnya dari google aja dan ada temen yang emang suka juga sering ngasih info hehe…kalo fanbase kayanya gak ada, official paling di FB ya coba aja search.
        Di anime, iya, itu makam Tomoe. Di manga si Enishi ketemu bapak pengemis itu di Rakuninmura, tempat orang-orang yang sudah hilang semangat untuk hidup. Dan bapak pengemis itu adalah……..bapaknya Enishi dan Tomoe 😀
        Semoga jawabannya bisa mengurangi penasaranmu ya ^_^

      • Rina
        February 15, 2018

        WHAATT!! Bapaknya merekaaa… Kakak tau dari mana tentang itu dan Rakuninmura?! Wkwkwk..
        Di Anime sosok Tomoe memang tdk diekspose, ya, Kak?! Padahal di ost Junjou na kanjou ada Tomoe, khan, Kak?!

        Kak,, Aku sempet liat di You tube ada scene Enishi vs Kenshin.. Itu apa, ya?!
        Ada Fanbase resminya di FB, Kak?! okee,, Aku carii..

        Oiya, Kak,, Aku baca di Internet,, Watsuki sensei sdg terlibat kasus,, Sehingga penggarapan Samurai X (aku gak tau yg nagaimana) terhambat.. Itu apaan, Kak?!

        Segitu dulu, Kaaakkkk..
        Hehehehehe..
        Maksih banget banget banget..
        Jazakillah khoir..

      • tri4mut
        February 19, 2018

        Taunya dari kata-katanya si bapak sama Kenshin dan dia juga bawa-bawa botol parfumnya Tomoe kan? Ada kok di manga diceritain soal Rakuninmura. Iya, di anime cuma diliatin sekilas gak tau juga kenapa. Cerita setelah Kyoto Arc malah filler episodes semua.

        Scene Ensihi vs Kenshin itu dari OVA Seisouhen, OVA yang mayoritas gak disukai sama fansnya Kenshin, termasuk saya hehe…

        Wah, kurang tau ya kalau Watsuki-sensei kena kasus. Mungkin itu berita lama karena sekarang ini Takeru dan Emi sudah sibuk dengan proyek masing-masing, denger-denger Emi juga udah merit 😛

      • Rina
        February 26, 2018

        Kakaakk,, Aku dah nonton Tsuiokohen.. Duuh,, Kenapa isinya suram banget, ya, Kak?! Itukah masa lalu Kenshin yang memang ada di benak Watsuki Sensei?!
        Kenshin terlihat cool bangetbanget.. Trus kayaknya sepanjang episode rasanya cuma ada kesedihan, apalagi waktu Tomoe terbunuh..
        Kak,, Ada banyak bagian yang aku bingung di OVA itu.. nanti aku tanya2, yaa.. Hehehehe..

        Ooh,, Aku gak punya buku yang mengisahkan itu, Kak.. Kayaknya dari buku ke 24-26an, yaa.. Memangnya kata-kata si Bapak apa, Kak?! Kenshin tau itu Bapak Tomoe?!

        Kak,, Aku gak ngerti Kyoto Hen dsb.. Itu apaan?!
        Trus aku baca yang kasus Watsuki Sensei tuh terjadi bulan Nov 2017, dan saat penggarapan Hokkaido arc gituh..

        Segitu dulu, Kak..
        Jzk khoiiiirrrr..

      • tri4mut
        March 12, 2018

        Haloo…maaf baru balessss…
        Soal Tsuikohen, ya itu dia makanya hampir semua fans gak suka, yang paling bikin ilfil karena Kaoru dibuat seperti Tomoe padahal mereka dua pribadi yang berbeda. Pernah baca di satu sumber, Watsuji-sensei sendiri juga gak suka sama OVA nya, jadi anggap aja gak ada.

        Lupa-lupa inet buku keberapa, tapi itu setelah Kenshin mengira Kaoru sudah terbunuh. Gak tau juga ya Kenshin nyadar atau enggak itu bapaknya Tomoe, but he’s a smart man…mungkin juga dia tahu hehe..

        New Shin Kyoto Hen itu Kyoto arc, tapi dibuat versi baru. Coba aja cari di web yang ngasih akses untuk anime, pasti ada.

        Hmm…aku malah gak tau samsek soal Watsuki-sensei yang terkena kasus. Perasaan malah adem ayem aja ini fandom Kenshin setelah film ketiganya rilis.

  19. tri4mut
    March 12, 2018

    @Rina Gomen…baru cari tau soal kasusnya Watsuki-sensei dan ternyata….ah, sayang ya padahal Hokkaido arc nya lagi seru 😦 Bisa bertahun-tahun hiatus deh nih manga karena kasusnya juga gak ringan. Aneh ya…padahal dia udah nikah kan? Katanya istrinya juga jadi role model buat Kaoru…damn!! LOL…

    • Rina
      March 15, 2018

      Kak.. Duh,, Speechless bgt, aku..
      Aku khan download ost nya Tsuiokohen,, Yg Kotowari tuh gak nahan bgt, Kak.. Bikin nangis mulu tiap dengernya.. Apalagi sambil membayangkan scene terakhir Tsuiokohen, waktu Kenshin ke mana2 pake selendang Tomoe.. Agak bikin meleleh.. Hehe.. Kayaknya bener apa yg dibilang Kenshin,, Tomoe adalah Gadis yang paling baik..

      Kak,, Aku pernah liat ada link Ishin Shishi.. Itu apa, ya?! Aku cari, gak ada yg bisa didownload.. Adanya streaming.. Itupun English Subt..

      Aku bingung, Kak.. Aku liat banyak di Internet (situs manga yg bahasa Indonesia), ada komik Rurouken yang ceritanya aneh,, Tapi itu karyanya Watsuki Sensei.. Lantas, apa bedanya dengan manga yg kita baca, Kak?!

      Jzk khoir, Kak..
      Btw,, Apa kabar, Kak?! Aku rindu balasan Kakak.. Kabar baikkah?!

      • tri4mut
        April 2, 2018

        Halo…maaf baru balas ya. Banyak banget drama di real life soalnya dan saya juga penulis lepas di satu web jadi seringnya waktunya habis buat bikin artikel hehe…

        Iya, Tsuikohen emang baper banget. Nontonnya jangan pas lagi sedih, nanti bisa tambah sedih haha…Betul, Tomoe memang gadis yang paling baik.

        Aku kurang begitu search lagi soal Ruroken sekarang, yang aku tahu sih ada OVA baru yang Kyoto Arc yang pernah kuceritain itu.
        Itu bukan komik aslinya Watsuki-sensei kali, tapi Doujinshi alias fanfic dalam bentuk manga. Naruto juga banyak banget Doujinshi nya dan style nya juga mirip2 sama Kishimoto-sensei.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

Information

This entry was posted on January 22, 2015 by in Book, Chit Chat, Movie related, Rambling and tagged , , .
<script type="text/javascript">
var uid = '67830';
var wid = '125069';
</script>
<script type="text/javascript" src="http://cdn.popcash.net/pop.js"></script>
%d bloggers like this: